-->
  • TERBENTUKNYA SPESIES BARU




    Timbulnya spesies baru (spesiasi) merupakan suatu mekanisme evolusi. Apabila dua varietas dari suatu spesies tertentu menhuni dua tempat yang sangat berbeda, sehingga tidak dapat mengadakanhubungan reproduksi, maka varietas tersebut akan mengalami perubahan dan akhirnya menjadi dua spesies yang berlainan. 

    BACA JUGA : TEORI EVOLUSI BAGIAN 1

    Isolasi merupakan kunci terjadinya spesies baru, karena isolasi mencegah terciptanya kembali keseragaman antar spesies melalui hibridisasi. Contohnya pada pembentukan 13 spesies burung finch di Kepulauan Galapagos yang berasal dari Amerika Selatan.

    Isolasi ada 2 macam, yaitu:
    - Isolasi geografi, yang dipisahkan oleh tempat
    - Isolasi reproduksi, dapat terjadi melalui isolasi ekologi, musim, tingkah laku, mekanik, dan isolasi gamet.

    Bentuk-bentuk isolasi akan diuraikan berikut ini.

    1. Isolasi Geografi
    Isolasi geografi adalah isolasi yang terjadi akibat keadaan alam. Isolasi geografi terjadi jika organisme daris usatu spesies berpindah ke lingkungan baru yang berbeda dari lingkungan asal dan dipisahkan oleh laut, gunung, atau gurun. Di lingkungan baru in, organisme akan beradaptasi dan membentuk polulasi. Bentuk adaptasi ini dapat mengarah pada pembentukan spesies baru.


    2. Isolasi Ekologi
     Isolasi ekologi disebabkan karena dua spesies yang berkerabat dekat terdapat di daerah geografi yangsama, namun pada habitat berbeda. Cotohnya, katak pohon kawin di danau yang tidak permanen (kubangan), sedangkan katak banteng kawin di danau atau badan air permanen yang lebih besar.

    BACA JUGA : PENCETUS TEORI EVOLUSI

    3. Isolasi Musim
    Isolasi musim (temporal) disebabkan oleh masa kawin atau kematangan gamet yang berbeda. Contohny, masa kawin lalat buah Drosophila pseudoobscura pada sore hari sedangkan mas kawin  Drosophila pseumilis pada pagi hari.

    4. Isolasi Tingkah laku
    Isolasi tingkah laku menhalangi fertilisasi karena adanya perilaku tertentu atau ritual yang berbeda-beda sebelum terjadi perkawinan. Ritual ini dapat berupa pertukaran sinyal antara jantan dan betina. Biasanya, hewan jantan memberi tanda atau sinyal tertentu yang dapat berupa tingkah laku, suara, atau ekskresi zat kimia. Sinyal tersebut hanya dapat dimengerti oleh betina pasangannya. Jadi, betina spesies lain tidak mengerti sinyal tersebut. Sehingga perkawinan antarspesies tidak terjadi.


    5. Isolasi Mekanik
    Isolasi mekanik menghalangi perkawinan akbat struktur kelamin yang berbeda. Perbedaan morfologi atau anatomi membuat dua spesies yang berbeda tidak dapt kawin. Contohnya, tanaman sage hitam memiliki bunga kecil yang hanya dapat diserbukkan oleh lebah kecil. Berbeda dengan tanaman sage putih yang memiliki struktur bunga yang besar yang hanya dapat diserbukkan oleh lebah besar.

    BACA JUGA : PENGERTIAN SEL DAN BAGIAN-BAGIANNYA

    6. Isolasi Gamet
    Isolasi gamet menghalangi terjadinya pembuahan akibat susunan kimiawi dan molekul yang berbeda antara dua sel gamet. Contohnya pada ikan. Telur ikan yang dikeluarkan di air tidka akn dibuahi oleh sperma dari spesies lain karena selaput sel telurnya mengandung protein tertentu yang hanya dapat megikat molekul sel sperma dari spesies yang sama.

    Terbentuknya bastar mandul dan bastar mati bujang dapat menjadi petunjuk bahwa sebenarnya individu tersebut berbeda spesiesnya. Karena, syarat untuk dapat dikatakan satu spesies adalah "beberapa individu yang memiliki perasaan sifat, dapat melakukan interhibridisasi, serta menghasilkan keturunan fertil".

    Jika ada dua kelompok individu yang berbeda spesies menempati habitat yang sama, disebut populasi simpatrik. Jika menempati habitat yang berbeda, disebut populasi aloptrik.

    Spesies baru dapat pula terbentuk melalui peristiwa poliploidi (berlipat gandajumlah kromosom dalam sel) akibat pengaruh dari radiasi dan zat kimia tertentu, dan secara sontan melalui domestikasi.

    Domestikasi adalah menjadikan hewan ternak dan hewan liar, dan tanaman budidaya dari tumbuhan yang semula hidup liar. Jadi, domestikasi adalah langkah terbentuknya spesies baru yang mekanismenya terjadi karena adanya campur tangan manusia (Raven et ai. 2005.: Solomon et al. 2005).



  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar