-->
  • PENGERTIAN TENTANG SEL DAN BAGIAN-BAGIANNYA.

    A. Sel
    sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup. Setiap Organisme di dunia ini tersusun atas sel-sek yang saling berintegrasi membentuk suatu fungsi tertentu dalam tubuh makhluk hidup. Baik organisme tingkat seluler maupun organisme multisesuler.
    Sel pertama kali dikenalkan oleh Robert Jook pada tahun 1665 yang mengamati jaringan gabus pada tumbuhan d4ngan menggunakan lensa pembesar. Gabus merupakan bangunan yang berlubang-lubanhbkecil seperti susunan sarang lebah yang dipisahkan oleh "diafragma". Bangunan seperti sarang lebah ini selanjutnya disebut dengan cell (sel). Nama sel diambilnya dari bahasa Yunani "kytos" yang berati ruang kosong, sedangkan bahasa latin ruang kosong adalah "cella". Pada tahun 1831, Robert Brown mengatakan bahwa "sel" merupakan suatu ruang lan kecil yang dibatasi oleh membran, yang di dalamnya terdapat cairan (protoplasma)". Protoplasma terdiri dari plasma sel atau sitoplasma dan inti sel atau nukleus.

    Di dalam inti sel terdapat plasma in5i atau disebut nukleoplasma. Beberapa tahun kemudian (1839) seorang ahli fisiologi Jerman, Theodore Schwan, mengungkapkan bahwa semua organisme tersusun atas sel. Kemudian muncul pertanyaan dari mana asal sel tersebut ? Ahli fisika Jerman Rudolf Virchow menyatakan bahwa sel berasal dari sel sebelumnya. Teori "sel berasal dari sel" tersebut diperkuat oleh berbagai eksperimen ahli mikrobiologi Prancis, Louis Pasteur, yang dilakukan antara tahun 1859-1861. Ukuran sel bervariasi. Ada yang hanya 1-10 mikron, misalnya bakteri. Ada yang mencapai 30-40 mikron, misalnya Protozoa.

    Ada Ikan yang mencapai beberapa sentimeter misalnya serabut kapas. Sel juga mempunyai berbagai macam bentuk. Meskipun ukurannya sangat kecil, strukturnya sangat rumit dan tiap bagian sel memiliki fungsi yang berbeda-beda dan khusus. Misalnya, mitokondria yangvterdapat dalam sel berfungsi sebagai penghasil energi, sedangkan lisosom sebagai pencernaan.

    Setiap bagian sel tidak dapat berdiri sendiri, sehingga bagian-bagian sel itu terdapat hubungan dan saling ketergantungan, oleh karena itu, sel dipandang sebagai unit terkecil dari makhluk hidup.

    sumber : www.generasibiologi.com

    Berikut adalah bagian-bagian bagian sel beserta fungsinya:

    1. Dinding sel
    a) Hanya terdapat pada sel tumbuhan
    b) Bersifat kaku, sehingga m3mberi bentuk pada sel.

    2. Selaput Plasma
    a) Bersifat semipermeabel, hanya bisa dilalui air dan zar-zat tertentu yang terlarut.
    b) Bersifat untuk mengatur transportasi zat-zat dari sel yang satu ke sel yang lain.

    3. Sitoplasma merupakan suatu cairan sel dan segala sesuatu yang larut di dalamnya, kecuali nukleus ( inti sel) dan organela. Sitoplasma yang berada selama inti sel disebut nukleoplasma. Sitoplasma bersifat koloid kompleks, yaitu tidak padat dan tidak cair. Sifat koloid sitoplasma ini dapat berubah-ubah tergantung kandungan air. Jika konsentrasi air tinggi maka koloid sitoplasma ini dapat berubah-ubah tergantung kandungan air. Jika konsentrasi air Tinggi maka koloid akan bersifat encer yang disebut dengan sol, sedangkan jika konsentrasi air rendah maka koloid bersifat padat lembek yang disebut dengan gel. Di dalam Sitoplasma terdapat :
    a) Vakuola, berfungsi dalam penyimpanan sampah sel
    b) Mitokondria, berfungsi dalam proses pernapasan sel
    c) Badan gigi, berfungsi dalam pengeluaran ( ekskresi)
    d) Plastida, berfungsi dalam proses fotosintesis
    e) Lisosom, berfungsi dalam proses pencernaan intrasel
    f) Ribosom, berfungsi dalam proses sintesis protein.

    5. Inti sel (nukleus), berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan sel. Bagian-bagian yang ada pada inti sel:
    a) Selaput inti, berfungsi melindungi inti dan tempat keluar masuknya substansi inti.
    b) Kromosom, berfungsi sebagai materi genetik yang merupakan badan p4mbawa sifat menurun yang didalamnya terdapat gen.




  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar