-->
  • Makna Hari Guru Bagi Calon Guru Milenial

    Makna Hari Guru Bagi Calon Guru Milenial



    Tanggal 25 November 2018 merupakan momentum dengan memperingati hari guru untuk negara indonesia. Bagaimana tidak .. Sekarang profesi guru dipatok harus kuliah dengan mengambil profesi keguruan alias kuliah lagi selama satu tahun. Dengan begitu mahasiswa dengan lulusan S1 berlatar belakang kuliah FKIP harus bersaing kembali untuk mendapatkan gelar Gr.

    Saat ini, setelah keluarnya peraturan di bawah UU Guru dan Dosen No 14 tahun 2005, seperti PP tentang Guru No 19 tahun 2017, Permendikbud tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan No 87 tahun 2013 serta Permenrisetdikti tentang Standar Pendidikan Guru No 55 tahun 2017. Bahwa untuk menjadi guru sebagai sebuah profesi, maka seorang lulusan sarjana pendidikan (SPd) mesti mengikuti kuliah Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama setahun. Inilah yang dikenal dengan PPG Prajabatan. Selesai kuliah selama setahun, jika lulus seorang sarjana pendidikan tadi dapat sertifikat pendidik dan berhak menjadi guru dengan titel Gr.

    Apakah setelah lulus kuliah sekitar empat tahun (dengan titel SPd) ditambah kuliah plus praktik mengajar setahun (bergelar Gr, sah sebagai guru profesional), seorang Gr tersebut langsung mengajar dan ditempatkan oleh pemerintah di sekolah? Jawabannya TIDAK. Mereka juga harus berjuang mencari pekerjaan menjadi guru di sekolah-sekolah, di tengah kompetisi sengit, sebab lulusan LPTK berjibun tiap tahunnya.

    Sekarang, Apakah seorang sarjana bertitel SH, ST, S.Ked, ,dan lainnya bisa dan boleh menjadi seorang guru profesional? Jawabannya: Ya sangat Bisa! Bagaimana caranya? Cukup seorang bertitel SH mengikuti PPG Prajabatan selama setahun, bareng dengan mereka yang sudah kuliah kependidikan bertahun-tahun yang bergelar SPd itu, bersama-sama menjadi guru profesional, dengan titel Gr.

    Inilah salah satu bukti bahwa pemerintah tidak serius dalam mengelola pendidikan. Bukti bahwa dunia pendidikan telah terjadi liberalisasi seluas-luasnya. Penulis setuju bahwa semua orang boleh menjadi apa pun yang mereka inginkan termasuk menjadi guru. Tapi khusus dalam PPG, hal ini akan menjadi ironi karena lulusan yang 8 semester lebih bergelut dalam dunia kependidikan disamakan dengan lulusan yang ketika kuliahnya tidak pernah bersentuhan dengan dunia pendidikan sekalipun. Dan hebatnya dengan mengikuti PPG  selama 1 tahun simsalabim dapat dinyatakan layak mengajar, sementara yang bergelut dengan dunia kependidikan selama 4 tahun disebut tidak layak.

    Dengan memperingati hari guru saat ini semoga pemerintah dapat membenahi sistem dan peraturan yang ada .
    semoga pendidikan indonesia lebih baik lagi.
    selamat hari guru.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar