-->
  • JARINGAN PENGUAT/PENYOKONG


    Jaringan Penguat/ Penyokong


     BACA SEBELUMNYA : Pengertian Jaringan dan bagian-bagiannya

    Yang termasuk jaringan penguat (penunjang) ialah jaringan ikat, jaringan tulang, jaringan tulang rawan, serta jaringan darah dan getah bening yang meruakan jaringan ikat istimewa.
    a. Jaringan ikat
    yaitu jaringan yang tersusun atas sel-sel yang tidak begitu rapat dan diantaranya terdapat matriks atau zat sela. Bila matriksnya longgar, maka jaringan itu disebut jaringan ikat longgar. Bila matriksnya rapat dan sedikit mempunyai lubang yang sempit, maka disebut jaringan ikat padat.
    b. Jaringan tulang keras.
    Tersusun atas sel-sel tulang atau osteon. Matriksnya banyak mengandung zat perekat koloagen dan zat kapur (CaCO3) yang menyebabkan tulang menjadi keras. Berdasarkan susunan matriksnya, jaringan tulang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
    1. jaringan tulang lompak/keras, apabila matriksnya rapat
    2. Jaringan tulang spons, apabila matriksnya berongga
    c. jaringan tulang rawan (kartilago)
    Terdiri atas sel-sel yang banyak mengeluarkan matriks atau zat yang disebut kondrin. Jaringan tulang rawan pada anak berasal dari jaringan ikat embrional (mesenkim). Sedangkan tulang rawan pada orang  dewasa dibentuk oleh selaput tulang rawan(perikondrium) yang banyak mengandung sel membentuk tulang rawan atau kondroblast. Jaringan tulang rawan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
    1. kartilago hialin, apabila matriksnya jernih dan transparan. Contohnya antara lain yang terdapat pada jung tulang rusuk yang melekat pada tulang dada dan tulang rawan trakea.
    2. kartilago elastis, apabila matriksnya sedikit keruh kekuning-kuningan serta banyak mengandung serabut kolagen yang berstruktur jala. Contohnya anatra lain: pada dinding saluran pernafasan dan pada daun telinga luar
    3. kartilago fibrosa, apabila matriksnya keruh dan gelap, serta serabut klagennya membentuk satu berkas dan tersusun sejajar. Contohnya antara lain terdapat pada perlekatan ligament-legamen tertentu ke tulang.

    d. Jaringan darah dan getah bening (limfe)
    jaringan darah dan getah bening dianggap sebagai jaringan penguat istimewa, karena terdiri atas sel-sel darah yang terendam di dalam suatu cairan yang dianggap sebgai matriksnya.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar