-->
  • APA PERBEDAAN SISTEM ORGAN DAN ORGANISME





     sumber : ruangguru.com
    Beberapa organ yang berbeda akan membentuk satu kesatuan dan saling bekerjasama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Organisasi dari beberapa organ ini disebut sistem organ. Contoh sistem organ pada manusia adalah sistem pernapasan yang tersusun dari organ hidung, tenggorokan, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru. Makhluk hidup multiseluler tingkat tinggi memiliki beberapa sistem organ yang saling berkaitan untuk mendukung kehidupan makhluk hidup tersebut. Jika salah satu sistem mengalami gangguan, tentu akan mempengaruhi sistem organ yang lain. Misalnya jika kamu mengalami sakit gigi, saraf-saraf yang ada di gusi akan mempengaruhi saraf di kepala, sehingga rasa sakit tidak hanya di gigi saja. Proses pencernaan juga akan terganggu karena makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dikunyah dengan baik. Karena gigi dan kepala terasa sakit, nafsu makanmu menjadi berkurang sehingga mengganggu kerja lambung dan organ pencernaan lain.

    A. Sistem Organ
    System organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsi-fungsi yang lebih kompleks. Sistem organ disebut juga kumpulan beberapa organ yang melakukan fungsi tertentu. Sistem organ pada hewan dan manusia yaitu, meliputi: system pengangkut (transportasi), system pengeluaran (ekskresi), system pernapasan (respirasi), siste gerak, system reproduksi, pencernaan, dan syaraf (koordinasi). Sistem organ pada tumbuhan, hanya dapat dijumpai di tumbuhan berpembuluh, pada organ berpembuluh akar, batang, dan daun membentuk system organ transportasi.

    Dibawah ini terdapat penjelasan sistem Organ pada manusia dan tumbuhan, untuk lebih jelasnya lihat pada tabel berikut ini.

    1. Sistem Organ Pada Manusia












     sumber  : http://biologi-kehidupan.blogspot.com/2016/07/sistem-organ-dan-organisme_7.html  

    2. Sistem organ pada tumbuhan
    Tidak hanya pada manusia tentunya tumbuhan juga memiliki sistem organ, 
    organ-organ di tumbuhan ini juga saling bekerja sama satu sama lain. Karena dalam fotosintesis membutuhkan daun sebagai “wadah”, serta batang yang digunakan sebagai “lorong” tempat menyalurkan hasil-hasil fotosintesis. Itu artinya, proses ini terjadi karena adanya sistem organ. Bahkan, pada tumbuhan, ada sisttem pengangkutan, sistem pelindung, sistem penyokong dan berbagai sistem lain.




    B. Organisme
    Organisme adalah kumpulan beberapa system organ yang saling berhubungan dan bekerja sama dan akan membentuk suatu organisme atau makhluk hidup yaitu hewan (manusia) dan tumbuhan.

    Setiap organisme memerlukan nutrisi (makanan), tumbuh, berkembang biak, mengeluarkan limbah, hingga akhirnya mati. Dalam rantai makanan, bagian paling penting ada pada organisme tumbuhan. Tumbuhan diistilahkan sebagai ‘produsen’ dari kehidupan, sebab organisme ini memanfaatkan cahaya matahari untuk kemudian diubah menjadi energi kimia (oksigen). Proses tersebut dinamakan fotosintesis; proses yang memastikan seluruh organisme hidup dan seluruh rantai makanan berfungsi.
    Organisme yang paling beraneka ragam adalah bakteri, karena organisme ini terdapat hampir di setiap permukaan bumi. Bakteri merupakan organisme yang sangat sederhana, terlepas dari konotasi buruk yang selalu kita pikirkan ketika mendengar kata ‘bakteri’, organisme ini disebut-sebut sebagai bentuk awal kehidupan bumi.
    Jenis lain dari organisme: protozoa, alga, dan jamur. Sementara istilah organisme kompleks, mengacu pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel.












  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar