-->
  • 10 JENIS JAMUR BESERTA MANFAATNYA

    Jika kita mendengar istilah jamur mungkin yang familiar bagi kita ialah jenis jamur yang merugikan manusia seperti kadas, kurap, panu. Ehhh… tapi itu kan penyakit kulit, tentu saja penyakit kulit. Jamur kan masih ada yang menguntungkan untuk manusia, ya contohnya saja sepeti jamur yang bisa di konsumsi seperti jamur kuping dan jamur merang. Mungkin disekitar kita masih banyak lagi jamur yang tidak kita kenal (sepertinya).  Nah disini saya sedikit memberikan sekedar informasi ada beberapa jamur yang sangat bermanfaat lho untuk kesehatan manusia.
     
    Berikut ini terdapat 10 jenis Jamur beserta Manfaatnya

    1. Jamur Kancing atau Champignon (Agaricus bisporus)

    Manfaat:
    Jamur kancing segar bebas lemak, bebas sodium, serta kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin B dan potasium. Jamur kancing juga rendah kalori, 5 buah jamur ukuran sedang sama dengan 20 kalori.

    2. Jamur Tiram (Pleurotus sp.)
    Manfaat:
    Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya, dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia. Adanya polisakarida, khususnya Beta-D-glucans pada jamur tiram mempunyai efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, dan dapat meningkatkan sistem imun.

    3. Jamur Merang (Volvariella volvaceae)
    Manfaat:
    Kandungan protein jamur cukup tinggi, dalam 100 gr jamur segar terkandung sekitar 3,2 gr protein, jumlah ini akan bertambah menjadi 16 gr jika jamur berada dalam keadaan kering. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor cukup tinggi, 51 mg dan 223 mg, dan mengandung 105 kj kalori, dengan kandungan lemak rendah, 0,9 gr.

    4. Jamur Shiitake (Lentinus edodes)
     Manfaat:
    Sebagai obat untuk penyakit saluran nafas, melancarkan sirkulasi darah, meredakan gangguan hati, memulihkan kelelahan dan meningkatkan energi chi. Shiitake juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini.

    5. Jamur Kuping
     Manfaat:
    Jamur kuping memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya untuk mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar. Manfaat lain dari jamur kuping dalam kesehatan ialah untuk mengatasi penyakit darah tinggi (hipertensi), pengerasan pembuluh darah akibat penggumpalan darah, kekurangan darah (anemia), mengobati penyakit wasir (ambeien), dan memperlancar proses buang air besar.

    6. Jamur Enokitake (Flammulina velutipes)


    Manfaat:
    Di Cina, jamur ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati susah buang air besar.

    7. Jamur Maitake (Grifola frondosa)

    Manfaat:
    Jenis jamur ini mulai dikenal luas, semenjak tahun 1980, saat Prof Dr Hiroaki Nanba PhD, peneliti jamur dari Jepang mampu membuktikan manfaat jamur tersebut sebagai obat kanker.
    Kini selain diharapkan mampu menyembuhkan kanker, jamur maitake juga mulai digunakan sebagai alternatif penyembuh untuk infeksi HIV/AIDS.

    8. Jamur Matsutake (Tricholoma matsutake (S.Ito et Imai) Sing.)


    Manfaat:
    Di Jepang, matsutake adalah bahan makanan mewah yang berharga sangat mahal. Jamur ini memiliki wangi harum yang kuat, dan dimakan setelah dipanggang sedikit di atas api, ditanak bersama beras menjadi nasi matsutake (matsutake gohan), dan sebagai campuran dobinmushi (sup dalam teko).

    9. Jamur Truffle (Tuber magnatum, Tuber aestivum, Tuber melanosporum, dan Tuber brumale)

    Manfaat:
    digunakan dalam jumlah sedikit sebagai penyedap pada masakan Perancis seperti masakan Foie gras.

    10. Jamur Ling zhi (Ganoderma lucidum)

    Manfaat:
    Ling zhi memiliki sifat rasa pedas, pahit, dan hangat. Mengonsumsi ramuan dari ling zhi memiliki efek bersifat melindungi organ tubuh, membangun (constructive), mengobati, dan berdampak positif terhadap penyembuhan organ lain yang sakit. Sejauh ini belum pernah ditemukan efek negatif yang ditimbulkan setelah mengonsumsi ramuan ling zhi.

    Nah itulah 10 jenis jamur yang bermanfaaat bagi manusia, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca ya.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar