-->
  • Hei,Calon Mahasiswa ! inilah Tips Memilih Jurusan


    Dalam pemilihan jurusan, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan. Jurusan yang dipilih sebisa mungkin sesuia dengan bakat dan minat, namun tetap harus mempertimbangkan kemungkinan untuk diterima pada jurusan yang dipilih. Berikut beberapa hal yang harus digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan.


    1. Yakin Sukses

    Kita bisa sukses, sekali pun tak ada orang yang percaya kita bisa. Tetapi kita tak akan pernah sukses jika kita tidak percaya bahwa kita sukses.-(William J.H. Boetcker). 

    Kita mungkin dari keluarga yang miskin, tetapi bukan berrti kita tidak bisa kaya. Kita mungkin lahir dari orangtua yang hanya lulusan SD atau bahan tidak sekolah, tetapi bukan berarti kita tidak akan bisa kuliah. Kita mungkin berasal dari desa, tetapi bukan berarti kita tidak akan bisa bekerja dan meraih kesuksesan di kota semua tergantung kita sendiri. Jika kita yakin bisa maka kita pasti bisa!

    Coba tanyakan kepada diri kita sendiri dan jawab jujur. Apakah kita nanti bisa menjadi sukses ? Apapun jawaban kita, itulah yang nantinya terjadi. Jadi, jika jawaban kita sekarang “tidak”, kita harus mengubahnya menjadi “bisa” dengan mengubah pola piker kita, tindakan kita, dan kebiasaan kita kearah yang bisa meraih kesuksesan yang kita inginkan.

    Jika kalian sudah memiliki keyakinan yang kuat tembus di PTN yang diinginkan, maka keyakinan inilah yang akan memberi kita energi tanpa batas untuk tersu meraihnya. Jurusan apapun yang kita ambil, maka awali dengan keyakinan bahwa kita bisa meraihnya.

    2. Sesuaikan dengan cita-cita

    Jika kalian telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan kuliah yang kalian pilih, apakah berhubungan erat dengan cita-cita kalian dan dapat membawa kalian menuju profesi yang kalian inginkan. Jika berhubungan, maka pilihlah jurusan itu. Jangan memilih jurusan karena teman kalian atau karena orangtua kalian. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan cita-citamu aagar kalian lebih mudah mengikuti perkuliahan yang ada dengan baik dan enjoy.
     

    3. Sesuaikan dengan kemampuan
    Kemampuan dapat dilihat dari minat dan bakat kalian, juga harus mempertimbangan kemmapuan akademik akan kemampuan finansial juga. Untuk mengukur kemampuan akademik, kalian bisa mengerjakan soal-soal simulasi atau try-0ut sedari awal secara berkala. Selain untuk mengetahui kemampuan kalian, kalian juga bisa menggunakannya untuk meningkatkan kemampuan.

    4. Kenali jurusan PTN

    Dari tahun ke tahun, setiap jurusan masing-masing PTN akan selalu mengalami perubahan dalam hal jumlah kursi yang ditawarkan maupun peminatnya. Akan tetapi perubahan itu tidak terlalu besar. Selain itu, juga harus dipertimbangkan mengenai lingkungan, biaya hidup, cara pergaulan dan lainnya di kota PTN yang akan kalian tuju. Carilah informasi akurat sebanyak mungkin dari jurusan kuliah yang kalian pilih, agar bisa menjadikan informasi akurat sebagai bahan pertimbangan untuk memilih jurusan.

    Terkait jurusan, maka yang harus diperhatikan adalah prospek kerjanya ini berfungsi untuk melihat bagaimana prospek pekerjaan setelah lulus nanti. Pilihlah jurusan yang memiliki prospek peluang kerja lebih besar kedepannya, agar setelah lulus kalian bisa langsung bekerja.

    5. Jangan asal memilih di pilihan 2 dan 3

    Dari 3 pilihan jurusan, pada pilihan pertama, tempatkan jurusan yang menjadi prioritas utama (jurusan impian). Kemudian pada pilihan kedua atau ketiga pilihlah jurusan yang sekiranya aman (passing grade) tidak lebih tinggi dari pilihan pertama tetapi masih mempertimbangkan keinginan. Dalam artian, demi keinginan untuk melanjutkan pendidikan jangan lalu memilih jurusan asal pilih. Dari pilihan ketiga adalah pilihan yang 99% kalian yakini diterima nmaun tetap merepsentasikan cita-cita dan minatmu.
    Fokuslan pada perolehan nilai ujian setinggi-setingginya, lalu pilihlah opsi jurusan prodi yang memang benar-benar kalian minati. Jangan sampai pada akhirnya milih jurusan 2 dan 3 asal supaya bisa kuliah di PTN. Tapi begitu pengumuman diterima pilihan ketiga, jadinya galau lagi apakah mau diambil atau tidak. Yakinkan dirimu, kalaupun diterima pilihan 2 atau 3, maka kalian tidak akan menyesal dan akan tetap ambil dan jalanin keputusan itu dnegan penuh tanggungjawab.

    6. Pertimbangkan keketatan (tingat persaingan ) Jurusan di suatu PTN

    Untuk memperbesar peluang kalian untuk dapat lulus ujian, hal yang juga perlu dipikirkan adalah tingkat persaingan jurusan di beberapa PTN yang kalian kehendaki. Sebagai bahan acuan dalam menentukan pilihan sebenarnya.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar