-->
  • Apa itu Dopamin?

    Anda pernah mendengarnya, tetapi Anda mungkin masih bertanya-tanya, "Apa itu dopamin?" Reputasinya berpusat pada reputasinya sebagai "hormon perasaan yang baik." Dopamin dikaitkan dengan perasaan euforia, kebahagiaan, motivasi, dan konsentrasi, namun ada lebih dari itu.

    Seperti serotonin, dopamin adalah sejenis zat kimia otak yang disebut neurotransmitter. Dirilis oleh neuron (sel otak), neurotransmiter mengontrol berbagai fungsi tubuh dan mengirimkan sinyal dari otak ke tubuh dengan melewati celah kecil (disebut sinapsis) antara masing-masing neuron.

    Dopamin terlibat dalam banyak jalur di otak, memainkan peran penting dalam berbagai sistem tubuh serta fungsi, termasuk gerakan, tidur, belajar, suasana hati, memori, dan perhatian. Jadi, jelas, itu adalah bahan kimia utama. Kadar dopamin yang tidak memadai atau tidak seimbang dapat berperan dalam berbagai kondisi, termasuk

    Apa Penyebab Defisiensi Dopamin?

    source: hipwee.com

    Jadi apa yang terjadi jika kadar dopamin kita rendah? "Terlalu sedikit dopamin dapat menyebabkan penyakit Parkinson, gangguan otak yang menyebabkan goncangan dan masalah dengan gerakan dan koordinasi," kata Habibeh Khoshbouei, PharmD, PhD, seorang profesor ilmu saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Florida.

    “Konsentrasi dopamin yang sangat tinggi terkait dengan skizofrenia dan gangguan kejiwaan lainnya,” Dr. Khoshbouei melanjutkan. "Kokain dan metamfetamin mempengaruhi otak dengan menghalangi transpor normal dopamin kembali ke neuron."

    Profesor Khoshbouei telah terlibat dalam penelitian yang bertujuan untuk mengklarifikasi secara tepat bagaimana transpor dopamin masuk dan keluar dari sel otak. "Ini langkah awal yang penting," katanya tentang pekerjaannya. "Jika kita tahu bagaimana sistem transportasi dopamin bekerja, maka kita dapat mulai memperbaikinya ketika rusak atau tidak berfungsi."

    Apa Peran Dopamin di Area Lain?

    Dopamin membantu mengendalikan aliran informasi melalui otak, membantu Anda terutama dalam hal memori kerja, bagian dari memori yang memberikan penarikan jangka pendek.

    Memori kerja Anda membantu Anda memproses dan menyimpan informasi visual dan verbal. Jika memori kerja Anda tidak berfungsi secara efektif, Anda akan kesulitan berkonsentrasi, mengikuti instruksi, dan tetap mengerjakan tugas — semua masalah yang dihadapi oleh anak-anak dan orang dewasa dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Beberapa ahli berteori bahwa orang ADHD mungkin mengalami penurunan konsentrasi dopamin yang mengurangi efeknya. Methylphenidate (Ritalin), obat yang mengobati ADHD, meningkatkan kadar dopamin.

    Anda pernah mendengar dopamin yang disebutkan sehubungan dengan perasaan senang ketika melakukan sesuatu yang menyenangkan. Apa kontribusi dopamin?

    Otak Anda melepaskan dopamin ketika Anda merasakan kesenangan — saat makan makanan favorit Anda. Namun, faktor "rasa-enak" adalah salah satu elemen di balik sisi gelap dopamin: Beberapa obat rekreasional ilegal merangsang pelepasannya dan meningkatkan jumlah dopamin di otak. Meningkatnya perasaan senang yang dihasilkan dari obat ini membuat pengguna rentan terhadap kecanduan.

    "Pelepasan dopamin juga bertanggung jawab untuk orang yang menjadi kecanduan, karena [orang] selalu mencari kesenangan, sehingga mereka dapat mencapai tingkat dopamin yang lebih tinggi dan lebih tinggi," jelas Harald Sitte, dari Institut Farmakologi MedUni Vienna, berbicara pada kesempatan tersebut. September 2016 Konferensi Dopamin di Universitas Wina. "Dopamin adalah alasan mengapa banyak orang terus-menerus berusaha memuaskan hasrat mereka," Profesor Sitte menegaskan.


    Efek dari Rendahnya Kadar Dopamin
     
    Apakah mood anda sering berubah-ubah akhir-akhir ini? Anda mungkin sedang mengalami penurunan kadar dopamin. Kadar dopamin yang rendah dapat menyebabkan beberapa gejala seperti:
    •  Mood sering berubah-ubah
    •  Sulit berkonsentrasi atau memfokuskan pikiran anda
    •  Insomnia atau sulit tidur
    •  Merasa lelah
    •  Merasa cemas
    •  Makan secara berlebihan yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan


    source:  
    https://universityhealthnews.com/daily/depression/what-is-dopamine-understanding-the-feel-good-hormone/ 
    https://www.dokter.id/berita/efek-dopamin-pada-otak-anda 
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar