-->
  • PENGERTIAN JARINGAN DAN BAGIAN-BAGIANNYA


    PENGERTIAN JARINGAN DAN BAGIAN-BAGIANNYA


    1. Jaringan
    Pengertian Jaringan adalah tiap-tiap kumpulan protoplas yang mempunyai dinding atau merupakan suatu kumpulan dinding atau merupakan suatu kumpulan sel yang bentuk atau fungsinya sama. Makna kalimat “suatu kumpulan sel yang bentuk fungsinya sama” untuk dapat mengetahui tumbuhan yang mempunyai jaringan dan yang tidak mempunyai jaringan. Untuk dapat membentuk suatu jaringan sel mengalami perubahan bentuk dan fungsinya (spesialisasi). Ilmu yang mempelajari tentang jaringan disebut histology.

    a. Jaringan pada hewan dan manusia
    Jaringan hewan dan manusia umumnya sama, terdiri atas: jaringan epitl, jaringan otot, jaringan saraf, jaringan penguat, dan jaringan lemak.

    1. Jaringan Epitel
    Jaringan Epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan maupun organ tubuh. Epitel yang melapisi permukaan dalam dasi saluran disebut endothelium. Jaringan epitel iini pun bermacam-macam dilihat dari bentuk, susunan, dan fungsinya.

    Berdasarkan bentuk dan susunannya
    1. Epitel berlapis tungggal terdiri atas;
    a. epitel pipih berlapis tunggal : misalnya, epitel peritornum dn epitel pembuluh darah.
    b. epitel kubus berlapis tunggal: terdapat pada kelenjar ludah dan kelenjar tiroid.
    c. epitel silindris berlapis tunggal :misalnya terdapat pada ventrikulus (lambung) dan intestinum (usus).

    2. epitel berlapis banyak, terdiri atas :
    a. epitel pipih berlapis banyak : misalnya yang melapisi rongga mulut dan hidung
    b. epitel silindris berlapis banyak : misalnya epitel yang terdapat pada kerongkongan
    c. epitel kubus berlapis banyak : misalnya epitel ang berbentuk kelenjar
    d. epitel silindris bersilia : misalnya, yang melapisi saluran pernapasan (trakea) dan saluran sperma.
    e. Epitel transisional :misalnya epitel yang melapisi bagian dalam kandung kemih.


    Berdasarkan fungsinya
    Sebagai pelindung/proteksi: epitel yang berperan sebagai penutup sekaligus sebagai pelindung jaringan yang terdapat di sebelah bawahnya sebagai kelenjar:

    1. Kelenjar eksokrin: menghasilkan getah yang dialirkan melalui saluran, misalnya: kelenjar keringat dan kelenjar air liur.

    2. Kelenjar endokrin/kelenjar buntu:menghasilkan getah yang langsung diarlirkan ke darah secara difusi. Misalnya, kelenjar adrenal, kelenjar tiroid, dan lain-lain.

    3. Penerima rangsangan (reseptor): misalnya, epitel yang terdapat di sekitar indra. Epitel yang bertugas menerima ragsangan disebut epitel sensori/neoroepitelium. Pintu gerbang lalu-lintas zat. Sebgai contoh:
    - epitel pada alveolus untuk masuk/keluarnya CO2 .
    -epitel usus utuk pemasukan sari makanan
    - epitel nefron untuk lewatnya urine primer.

    2. Jaringan otot
    Jaringan otot adalah kumpulan sel otot yang berfungsi melakukan gerak pada berbagai bagian tubuh. DI dalamnya terdapat protein kontraktil yangmembuat otot dapat berkontraksi. Bnetuknya panjang-panjang dan mengandung serabut-serabut halus yang disebut myofibril . Biasanya jaringan otot dibedakan maenjadi tiga macam : otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Otot lurik dan otot jantung lebih banyak mengandung protein kontraktil dibandingkan dengan otot polos.

    a. Otot polos
    tersusun atas sel-sel berbentuk kumparan halus, masing-masing dengan satu nucleus di tengah, berbentuk oval dan mempunyai fibril-fibril homogen. Sel-sel tersebut tersusun atas lapisan-lapisan yang diikat dengan jaringan ikat fibrosa. Biasanya terdapat pada alat-alat dalam hewan vetebrata, misalnya pada dinding saluran pencernaan, pembuluh darah, dan sebagainya.


    b. otot lurik (otot rangka)
    Disebut juga otot seran lintang, jaringan otot lurik terdiri atas susunan serabut otot yang disebut fibril. Fibril tersusun atas myofibril. Sel otot terkumpul membentuk kumpulan sel, yang selanjutnya bersatu membentuk otot atau daging. Moofibril diselubungi oleh reticulum sarkoplasma. Serabut otot tersusun atas aktin dan myosin. Jenis otot ini bekerja dibawah pengaruh kesadarn, sehingga disebut otot volunter.


    c. otot jantung (miokardium)
    Juga terdiri atas serabut otot seran lintang, tetapi antara sel-sel yang berdampingan, membrane selnya beranyaman membentuk percabangan. Hubungan percabangan semacam ini disebut cakram interkalar. Otot jantung disbeut juga oto lurik involunter.
    Jaringan saraf dibentuk oleh sel-sel saraf atau neuron dibentuk oleh badan sel, dendrit, dan akson. Dendrit berfungsi menerima rangsang dari neuron lain, dan akson berfungsi meneruskan rangsang tersebut ke neuron lainnya. Ujung neuron yang satu dengan ujung neuron lainnya saling berhubungan. Hubungan antara ujung-ujung neuron ini disebut sianpsis. Pada bagian-bagian tertentu dari akson, selaput myelin menggenting, disebut nodus Rnvier. Ada tiga macam jenis neuron:
    1. Neuron sensorik meneruskan rangsang dari reseptor (indera) ke otak
    2. Neuron motoric, meneruskan rangsang dari otak ke efektor( otot atau kelenjar), dan
    3. Neuron konektor, meneruskan rangsang antar neuron, umumnya berperan dalam gerak reflex (neuron ini sering juga disebut neuron adjustor atau interneuron)


  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar