PERATURAN TERBARU ADSENSE PERTANGGAL 1 JANUARI 2020
Bagi Publisher yang mendapatkan notifikasi dari GA mengenai adanya Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) tentu telah mengetahui tentang hal ini.
Namun bagi kamu yang belum paham mengenai apa maksud dari perubahan peraturan dari google adsense, mari baca penjelasannya ya.
Baru-baru ini google adsense telah melakukan peraturan lagi kepada semua publishernya bahwa pada tahun 2020
mendatang akan ada peraturan baru yang ditetapkan, peraturan ini dibuat
berdasarkan kebijakan dari Undang-Undang Privasi Konsumen California
(CCPA).
Apa maksudnya Undang-Undang Privasi Konsumen California
(CCPA) tersebut ?
CCPA (The California Consumer Privacy Act) adalah undang-undang privasi data baru yang menetapkan berbagai hak bagi warga negara bagian California. Undang-undang ini berlaku untuk perusahaan yang melakukan bisnis di California dan memenuhi salah satu dari beberapa kriteria terkait dengan pendapatan, pemrosesan data, dan faktor lainnya. CCPA mengharuskan memberi warga hak untuk memilih keluar dari "penjualan" "informasi pribadi" mereka (karena undang-undang menentukan ketentuan-ketentuan itu), dengan penolakan memilih ditawarkan melalui tautan "Jangan Jual Informasi Pribadi Saya" pada tautan " menjual ”beranda pihak. CCPA memang mengakui pengecualian tertentu untuk definisi "penjualan," sedemikian rupa sehingga tidak semua transfer informasi pribadi adalah "penjualan." Misalnya, mentransfer informasi pribadi ke "penyedia layanan" berdasarkan hukum bukanlah penjualan.
Anda akan dimintai dua pilihan oleh google adsense, antara memilih
batasi pengumpulan data atau tidak. Mari kita bahas secara rinci dibawah
ini terhadap keputusan yang akan anda pilih dan apa dampaknya.
Jika anda memilih Abaikan maka google akan terus menggunakan data pengguna yang diambil melalui situs anda untuk mempersonalisasi jenis iklan yang akan ditayangkan berdasarkan minat, history jelajah, dan aktifitas orang yang mengunjungi situs anda termasuk di california.
Tapi jika sebaliknya jika anda memilih Aksi dan batasi pemrosesan data? Hal yang terjadi google akan membatasi jumlah data yang akan digunakan, dan iklan yang ditampilkan akan dipersonalisasi menurut jenis artikel yang berada pada situs anda untuk menampilkan iklam yang relevan. Alhasil bisa berdampak pada penghasilan anda.
Jika anda tidak ingin kena dampak seperti itu cukup abaikan saja, tapi pertimbangkan lagi kalau punya blog bule.
Jika anda memilih Abaikan maka google akan terus menggunakan data pengguna yang diambil melalui situs anda untuk mempersonalisasi jenis iklan yang akan ditayangkan berdasarkan minat, history jelajah, dan aktifitas orang yang mengunjungi situs anda termasuk di california.
Tapi jika sebaliknya jika anda memilih Aksi dan batasi pemrosesan data? Hal yang terjadi google akan membatasi jumlah data yang akan digunakan, dan iklan yang ditampilkan akan dipersonalisasi menurut jenis artikel yang berada pada situs anda untuk menampilkan iklam yang relevan. Alhasil bisa berdampak pada penghasilan anda.
Jika anda tidak ingin kena dampak seperti itu cukup abaikan saja, tapi pertimbangkan lagi kalau punya blog bule.
Peraturan ini hanya sekedar himbauan dan pilihan saja, informasi
personal seperti kebiasaan browsing, cache tersimpan, history bisa
menjadi nilai yg diperdagangkan untuk mempersonalisasi iklan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar